Presiden Joko Widodo Akan Resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub di Jayapura

Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua. (foto PU Papua)

SAIRERINEWS.COM – Presiden Jokowi menyampaikan, pembangunan PYCH merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Tokoh Muda Papua Inspiratif di Istana Negara pada September 2019 lalu.

Selanjutnya pemerintah pusat mendukung pembangunan pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda-pemudi Papua dan Papua Barat dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua.

Upaya Pemerintah  dalam mendukung peran generasi muda untuk mengelola potensi ekonomi Papua, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua.

Stafsus Milenial, Billy Mambrasar, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua. Menurut Billy, peresmian itu akan dibalut aksi kreatif dari puluhan model muda bertalenta asli Papua.

“Talenta muda Papua itu akan tampil di hadapan Presiden Joko Widodo yang akan segera meresmikan gedung megah, bernuansa adat dan berfasilitas lengkap, kebanggan anak muda Papua,” kata Billy usai audisi di gedung PYCH, Abepura, Kota Jayapura, Papua, seperti dikutip Selasa (16/1/2023).

Gedung YPCH yang akan diresmikan Presiden Jokowi ini memiliki gedung utama yang terdiri dari dua lantai, dan dua gedung asrama. Di gedung ini ada ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan-pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi, hingga perpustakaan.

Ada juga ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas lebih dari ratusan orang. Ruangan ini bisa digunakan untuk pertunjukkan, keagamaan dan lainnya. “Kita fokusnya mendidik dan meningkatkan SDM Papua,” tegas Billy Mambrasar.

Billy menyampaikan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi serta Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, atas pembangunan Gedung PYCH tersebut. Diketahui, BIN adalah

“Terima kasih atas hadiah fasilitas ini. Kami anak Papua siap membangun Indonesia dari tanah Papua,” tutur Billy.

Diketahui, PMI adalah salah satu kelompok yang dibina langsung oleh BIN demi terwujudnya kesejahteraan tanah Papua.

“PMI akan memanfaatkan gedung ini dalam merencanakan dan melaksanakaan program kerja untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat,” kata Billy.

Billy memastikan, PMI akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Bumi Cendrawasih.

“Adanya gedung tersebut juga untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi anak-anak muda Papua, meningkatkan kemampuan keterampilan anak-anak muda Papua dan menambah penghasilan warga Papua,” yakin dia.

Sebagai informasi, kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua sesuai dengan Intruksi Presiden No. 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. (*) /Rilis Pers

Eby

error: Content is protected !!