Dispar Yapen, Gelar Festival Teluk Cendrawasih 16-17 Desember 2022

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Yapen NIKOLAS P. IMBIRI, S.Pd

SAIRERINEWS.COM – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Yapen menggelar Festival Teluk Cendrawasih selama 2 hari berturut-turut di lapangan Trikora Serui (Alun-alun).

Tak hanya di Alun-alun, pentas Perahu Hias Cegeh juga akan memperkaya festival ini. Sejumlah kegiatan dalam festival ini yakni  Atraksi Wisata Bahari, Pentas Seni, Pameran UMKM dan Hiburan Rakyat.

Wisata Bahari yang terdiri Munara Tifa, Atraksi Penobatan, Atraksi Penangkapan Budak di atas laut, Dayung beregu/dayunh perahu hias, lomba motor tempel 15 PK.

Pentas Seni Budaya yang menghibur yaitu Atraksi Balada Cenderawasih, Penampilan Grup Mansebic/Grup Mosaba dan Tarian Yosim Pancar.

Pameran UMKM dan Ekonomi Kreatif dan Hiburan Panggung bagi Masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Yapen, Nikolas Imbiri,S.Pd dalam keterangannya menjalaskan tujuan Kegiatan adalah mengedukasi masyarakat dalam melestarikan budaya lokal sebagai aset wisata di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Juga, membangkitkan semangat para pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatidan di kabupaten Kepulauan Yapen, empromosikan Aset Wisata budaya baik Seniman Lokal maupun Prodak UMKM serta Ekonomi Kreatif di daerah untuk mendatangkan Wisatawan ke Kabupaten Kepulauan Yapen.

Tak hanya itu, tujuan lainnya adalah sebagai salah satu daya ungkit peningkatan perekonomian di kabupaten Kepulauan Yapen dan mempersiapkan Materi untuk Pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih di tahun 2023.

Dasar kegiatan ini adalah program iven Promosi Wisata Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Renstar dan Renja Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Yapen dan Keputusan bersama para Bupati dalam Launching Festival Teluk Cenderawasih tanggal 5 Februari 2022 di Mansinam Manokwari.

“Mari masyarakat kabupaten kepulauan Yapen, hadir dan ramaikan festival Teluk Cendrawasih yang akan dilaksanakan 16 sampai 17 Desember, di lapangan alun-alun Serui” tutupnya. (*)

Mark

error: Content is protected !!