Biak ! Pengadaan Barang dan Jasa Disosialisaskan

SAIRERINEWS.COM – Tidak kurang dari 100 orang pejabat pembuat komitmen (PPK) dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, mengikuti sosialisasi perundang-undangan pengadaan barang dan jasa di Swissbell Hotel, Senin (12/12).

“Kegiatan ini merupakan suatu langkah awal kita bersama untuk memahami dan meningkatkan kompetensi SDM penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Plt. Sekretaris Daerah Zakarias L. Mailoa, ST.,MM saat membuka sosialisasi tersebut.

Dikatakan, pemahaman tetang Pepres Nomor 12 tahun 2021 tentang perubahan atas peraturan Pepres Nomor 16 tahun 2022 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah penting jadi perhatian serius bagi setiap pejabat pembuat komitme, kepala OPD dan semua pihak terkait lainnya.

“Pengadaan barang/jasa wajib mempedomani beberapa prinsip, diantaranya; prinsip efesien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel serta kewajiban untuk penggunaan produksi dalam negeri (PDN) dalam pengadaan barang/jasa,” ujarnya

Ia juga berharap agar Tahun Anggaran 2023 mendatang pengadaan barang dan jasa di semua OPD yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dilakukan tepat waktu.

Untuk itu, Ia meminta agar identifikasi dan evaluasi berbagai kendala yang dialami di tahun-tahun sebelumnya. “Jangan ulang kesalahan yang sama terjadi di tahun akan datang. Saya minta supaya hal ini diperhatikan,”tegasnya

“Kepada semua OPD, pelaksana kegiatan, agar memperhatikan di sisa waktu Tahun Anggaran 2022 yang tinggal beberapa hari lagi. Program-program yang belum tuntas agar digenjot, koordinasi ke lapangan, perhatikan kualitas setiap kegiatan,” lanjut Bupati mengingatkan.

Sekedar diketahui sosialisasi aturan pengadaan barang dan jasa dibuka oleh Plt Sekda Biak Numfor Zacharias L. Mailoa, ST., MM dan dihadiri Asisten II Setda Biak Numfor Lot L. Yensenem, SE., M,Si., pimpinan OPD, para kabag, dan kabid di lingkungan Pemda Biak. Sementara bertindak sebagai narasumber Rahfan Mokoginta,SKM.,MSA.,CCMS.,CPSp., I Made Heriyana, S.H.,CCMS.,CCMs., Juni Irawati,S.Kom.,M.H.,CCMS.,CPSp. (*)

HUMAS

error: Content is protected !!