PLUT Diresmikan Wapres di Biak, Diharapkan Dorong Pertumbuhan UMKM

SAIRERINEWS.COM – Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) diresmikan oleh Wakil Presiden Prof. DR (HC) Ma’ruf Amin, Jumat (02/12/2022).

Peresmian gedung yang dibangun dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 ditandai dengan penandatanganan batu prasasti dan juga dihadiri langsung oleh beberapa menteri dari Kabinet Indonesia maju.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Setelah melakukan penandatanganan batu prasasti, Wapres didampingi Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd meninjau langsung sejumlah ruangan dan bagian dari gedung PLUT yang dibangun dengan anggaran DAK tahun kurang lebih Rp. 9 M (termasuk sarana dan prasana lainnya)

Kehadiran PLUT di Kabupaten Biak Numfor diharapkan dapat menjadi energi baru dan membantu dalam mendorong gairah pertumbuhan UMKM. “Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menyampaikan ucapan terima kasih ke pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM atas bantuan gedung PLUT ini,” ucap Bupati.

Dikatakan pelaku usaha tanpa memiliki jiwa kewirausahaan akan sulit melakukan inovasi, mapan dan berkembang sebagai usaha yang berkelanjutan. Untuk itu, pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui berbagai kebijakan terus mendorong pengembangan usaha-usaha berbasis kerakyatan.

Bersamaan dengan peresmian gedung PLUT, Wapres juga secara simbolis menyerahkan bantuan modal usaha kepada 400 UMKM. Adapun masyarakat yang menerima secara simbolis bantuan modal usaha itu masing-masing Robeka Rumbino (usaha minyak VCO), Otto Kawer ( pengrajin ukiran) dan Orpa Somnof (usaka ikan asar/asap).

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Biak Numfor Abdul Manan, SE mengatakan, bahwa setelah peresmian maka pengoperasian gedung PLUT langsung akan dilakukan. Koordinasi dan kerja sama dengan Kemenkop dan UKM akan terus dibangun, termasuk pendampingan.

“Ada beberapa poin yang memang perlu kami perhatikan, bahkan untuk pendampingan masih akan dilakukan dengan harapan keberadaan gedung PLUT ini benar-benar dapat membantu membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Biak,” ujarnya.(*) HUMAS BIAK

error: Konten dilindungi !!!