Disperindag Biak Numfor Kembali Latih 40 Pelaku Usaha Ikan Asar

SAIRERINEWS.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kabupaten Biak Numfor kembali melakukan pelatihan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah.

Kali ini adalah pelatihan ikan asap yang kembali dilaksanakan dan diikuti 40 peserta. Pelatihan teknis peningkatan mutu ikan asap (Asar) bagi para pelaku usaha dan penguatan kapasitas dalam rangka mendukung beroperasinya Sentra Industri Pengasapan Ikan di Kampung Manswam.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Pelatihan berlangsung selama empat hri sejak tanggal 22 – 25 November 2022 dengan instruktur dari rumah terpadu UMKM Sulawesi Utara. Pelatihan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda, Lot L. Yensenem, SE., M.Si mewakili Bupati Biak Numfor.

Bupati dalam sambutan tertulisnya mengatakan, pemerintah Kabupaten Biak Numfor secara berkesinambungan akan terus mendorong pengembangan pengelolaan ikan asap di masyarakat, salah satunya dengan membangun kawasan sentra ikan asap di kampung Manswan Distrik Biak Kota.

“Dengan adanya sentra kawasan ikan asap yang dilengkapi berbagai fasilitas ini dapat mendorong terciptanya usaha baru di bidang perikanan, meningkatkan nilai tambah usaha perikanan di masyarakat dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknik dalam pemanfaatan ikan dengan cara diasap,” katanya.

Ia juga berharap dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini dapat mengoptimalkan pemanfaatan bahan baku yang berlimpah di Kabupaten Biak Numfor, menumbuhkan kreativitas dan keterampilan para pelaku usaha ikan asap, serta menghasilkan ikan asap yang bermutu tinggi sehingga dapat dipasarkan di pasaran lokal maupun luar daerah.
Ucapan terima kasih juga Ia sampaikan kepada para instruktur dari rumah terpadu UMKM Sulawesi Utara.

“Menjadi Harapan Kita semua kegiatan pelatihan ini dapat membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor khususnya pelaku usaha di bidang ikan asap,” imbuhnya.

Kepada peserta pelatihan, Ia berpesan agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dari awal sampai akhir sehingga setelah selesai mengikuti pelatihan ada bekal ilmu yang diperoleh.(*) HUMAS

error: Konten dilindungi !!!