Jelang 1 Desember, ini Seruan KNPI Yapen – Ebson Sembai

Ketua DPD KNPI Yapen Ebson Sembai & Ketua DPP KNPI Haris Pertama

SAIRERINEWS.COM – Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kepulauan Yapen yang diketuai oleh Ebson Sembai, AMd.PI menyeruhkan beberapa hal kepada pemuda, pemerintah, stakeholder dan masyarakat terkait akhir tahun 2022, bulan desember.

Seminggu sebelum memasuki 1 desember, KNPI Yapen dalam keterangannya, saptu (19/11/2022) Ketua Ebson Sembai, menyeruhkan beberapa hal, yaitu :

  1. 1 Desember sebagai hari AIDS Sedunia, KNPI menyeruhkan kepada Pemerintah, KPA (komisi Penanggulangan HIV/AIDS) kabupaten, LSM dan pemerhati kemanusiaan HIV/AIDS untuk memperingati 1 Desember. Adapun peringatan hari Aids se-dunia, Yapen sangat prihatin dengan kondisi distrik Anotaurei yakni 1.182 kasus dan disusul distrik Yapen Selatan dengan jumlah kasus HIV/AIDS 249. Momentum perayaan 1 desember ini harus ada tindakan terencana untuk memproteksi masalah HIV/ADIS di Yapen.
  2. 1 Desember, Yapen adalah ‘zona damai’ untuk itu situasi Kamtipmas perlu dijaga oleh seluruh lapisan masyarakat. Harapan dan himbauan KNPI kepada pemuda dan masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi ketertiban masyarakat bersama aparat keamanan, dengan tidak terhasut isu dan melakukan hal-hal perayaan yang bertentangan dengan hukum.
  3. Euforia Piala Dunia, diharapakan kepada pemuda-pemuda untuk patuhi himbauan yang dikeluarkan oleh Pihak keamanan. Dilarang konvoi berlebihan, saling maki/hujad di sosial media antar fans, dilarang membakar bendera negera-negara peserta piala dunia dan hal-hal yang merugikan lainnya.
  4. Menjelang Natal dan akhir tahun (desember) KNPI Yapen menyerukan kepada pemerintah dan pihak keamanan untuk awasi harga bahan pokok (bapok), penimbunan BBM dan harga pasar yang tidak terkontrol hingga menyusahkan masyarakat, umat kristen yang merayakan Natal.
  5. Solidaritas antar umat beragama dipandang perlu bahu membahu untuk menjaga kedamaian di Kabupaten kepulauan Yapen.

KNPI Yapen menegaskan dan meminta perhatian pemerintah dan stakeholder untuk bersama-sama menjaga kaptipmas dalam euforia Piala Dunia, Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Ketua KNPI Yapen, Ebson Sembai Bersama Masyarkat saat melakukan Lomba Dayung (Sairerinews.com)

Ebson Sembai dalam keterangannya mengutarakan “Kondisi piala dunia Qatar diharapkan tidak menimbulkan konflik sosial berlebihan di masyarakat Yapen. Jangan karena hanya beda fans dan berdebat piala dunia sukacita Natal pudar dalam keluarga, jemaat dan kehidupan sekitar” tutur ketua KNPI Ebson Sembai, mengingat Piala Dunia berlangsung hingga 18 Desember yang mana Umat Kristen melewati minggu-minggu Adven dan Natal-Natal Jemaat.

Ketua KNPI Yapen, Ebson Sembai Bersama Masyarkat saat melakukan Penanganan Bantuan Korban Musibah Kebakaran Awunawai (Sairerinews.com)

KNPI Yapen juga meminta Penjabat Bupati Yapen untuk memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru di Yapen aman dan tersedia. Juga meminta DPRD Yapen mengawasi langsung pemerintahan di akhir penutupan anggaran dan juga stabilitas ekonomi menjelang hari raya. (*)

M.I

error: Content is protected !!