Walau Minim Dukungan Pemerintah, Relawan TIK Papua Raih 3 Penghargaan Nasional

SAIRERINEWS.COM – Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Relawan TIK) adalah organisasi yang berada pada naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Relawan TIK Indonesia adalah kumpulan Relawan pegiat TIK di seluruh Indonesia. Terbentuk hingga 2022 ini berusia 11 tahun dan setiap tahun diagendakan Festival Teknologi Infomasi dan Komunikasi (FesTIK).

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Tahun 2022, FesTIK digelar di Pontianak, Kalimantan Barat 16 sampai 17 November 2022. Relawan TIK Papua meraih 3 penghargaan walau minum dukungan dan perhatian dari Pemerintah di Papua.

Hal itu diungkapkan oleh Mark Imbiri selaku senior TIK Papua. “Kami relawan memang sudah terbiasa kerja sukarelawan, namun pada hal-hal tertentu kami juga butuh kepekaan dan dukungan dari Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun daerah kabupaten/kota” tutur Imbiri.

Imbiri menjelaskan, keberhasilan Relawan TIK tidak hanya dirasakan oleh pegiat TIK, tapi juga sudah dirasakan oleh masyarakat dari berbagai lapisan yang ada di Papua.

“Kami dari Relawan TIK Papua ada 2 orang, provinsi 1 orang dan kabupaten Yapen 1 orang yang akan ke Festival TIK, namun minim dan susah sekali dukungan, hingga agenda 10 november di Yapen terlewatkan tapi juga menghadiri festival. Akhirnya hanya dari Provinsi Papua 1 orang saja yang hadiri, yaitu Alldo Mooy” ungkapnya.

Kategori Pengelola Organisasi Terbaik yang diraih oleh RTIK Majalengka, Jawa Barat, RTIK Bojonegoro Jawa Timur, RTIK Kota Cirebon dan RTIK Papua.

Kategori Program Inovatif Terbaik disabet oleh Program Internet Sambung Desa dan Digitalisasi Pertanian (RTIK Kab Blitar), Transformasi Desa Digital berbasis SDM Unggul (RTIK Kab Cirebon), Jawara Digital (RTIK Jawa Barat) dan Liga Kampus Festival Jurnalis Pelajar (RTIK Papua).

Leader Inspiratif of The Year Penggerak Relawan TIK Terbaik jatuh kepada Alldo Fandilliam Mooy dari RTIK Papua.

Puluhan Mitra Kolaboratif Daerah juga tak luput dari apresiasi Relawan TIK Indonesia seperti Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar, BPSDM Kominfo Surabaya, Diskominfo Kota Pontianak, Kemenag Kabupaten Pamekasan, Kepolisan Daerah Riau, Diskominfo Jawa Barat, Diskominfo Jawa Timur, Media Liga Kampus, Zeo Technology, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat, SMKN 1 Kota Pontianak, UBSI, SMKN Kristen Pontianak, Pemerintah Daerah Kepulauan Aru dan Pemerintah Daerah Kota Jambi.

Puncak dari kolaborasi dan sinergi nasional dengan pemberian apresiasi terhadap mitra RTIK Indonesia juga diberikan kepada Kominfo RI, Michael S Sunggiardi, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M.,M.T, Dr. H. Muhammad Toasin Asha, ICT Watch, Commonroom, Siberkreasi, APJII, Telkom, Pusdiklat Kominfo, Kururio, Mafindo, PT Graha Karya Informasi, Gatralin dan Edukasi4ID. (*)

(Cindy)

error: Konten dilindungi !!!