Ebson Sembai, “Posko KNPI Yapen” Siap Distribusi Bantuan ke Awunawai

SAIRERINEWS.COM – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI)  Kabupaten Kepulauan Yapen, Ebson Sembai menuturkan Posko Pemuda Peduli Korban Musibah Kebakaran di kampung Awunawai, 9 November kemarin, siap distribusi bantuan.

Posko yang diprakarsai oleh DPD KNPI Yapen telah dibuka sejak 9 November malam sesudah kejadian kebakaran telah menerima berbagai sumbangan dan juga telah melakukan aksi penggalangan donasi bersama-sama Komunitas Suanggi (Suara Anak Negeri Giatkan Idealisme) dan juga pendampingan penggalangan bersama dengan sopir-sopir taxi angkutan Serui – Dawai.

Ebson Sembai (kanan) saat menerima sumbangan dari masyarakat di Posko KNPI Yapen

“Kami siap distribusi bantuan ke kampung Awunawai, Yapen Timur. Posko KNPI telah siap salurkan bantuan dan sumbangan dari masyarakat yang masuk ke Posko KNPI Yapen. KNPI Yapen berharap ada status Tanggap Darurat 3 hari yang dikeluarkan oleh Pemerintah setelah kejadian musibah tersebut. Sehingga korban bisa ditolong secara teratur, baik terbentuknya posko induk di Awunawai tapi juga publikasi data korban dan kebutuhan dasarnya” tutur Ebson kepada Sairerinews.com, 12/11/2022.

Komunitas SUANGGI Serui saat aksi Galang Dana

Ebson mengambarkan alur penyaluran akan di salurkan ke Posko induk di Awunawai. Posko tersebut akan menampung bantuan-bantuan yang masuk, sehingga memudahkan korban-korban untuk mendapat bantuan, tapi juga merata dalam mendapat bantuan.

“KNPI Yapen mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat, komunitas dan donatur atau orang-orang baik yang telah percayakan KNPI Yapen untuk menerima dan menyalurkan sumbangan untuk perduli kemanusiaan korban musibah kebakaran di Awunawai” tuturnya.

Ketua DPC KNPI Distrik Teluk Ampimoi, Deno Amamehi saat melakukan aksi donasi ke Toko-Kios sebagai aksi Kepedulian Bersama.

Data Posko KNPI Yapen, telah menampung beras setengah ton (50 karung), supermie 17 karton, biskuit 26 karton, minyak goreng 2 karton, pempers, pembalut wanita, teh, telur dan baju layak pakai 8 karung, dari hasil penggalangan senilai kurang lebih 8 juta’an.

Biaya yang terkumpul juga dibelanjakan kebutuhan balita dan anak (anak sekolah) korban musibah yang menjadi prioritas posko KNPI.

Senada dengan itu, Sekretaris KNPI Yunus Wona menyampaikan terimasik kepada semua ornag-orang baik yang menyalurkan bantuan kepeduliannya melalui Posko KNPI sebagai perpanjangan tangan, walau saat ini posko KNPI terkendala transportasi dari Serui ke kampung Awunawai.

“Pakaian dan bahan makanan sudah dipaking, tinggal tunggu transportasi Serui ke Dawai. Untuk transportasi, DPD KNPI telah menyurati ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan masih menunggu tanggapan balik juga surat ke pihak-pihak terkait, sudah jalin koordinasi dan masukan surat, tunggu konfirmasi balik. Semoga bisa secepatnya agar ada transportasi entah lewat laut atau jalan darat hingga bantuan dapat tersalurkan” harap Wona.

Yunus Wona (kanan) saat bersama Sopir Serui-Dawai melakukan aksi Galang Dana

Yunus menambahkan, Posko KNPI akan terus terbuka sebagai perpanjangan tangan penyaluran bantuan kepada korban, hingga ada pemberitahuan dari pemerintah musibah tersebut telah teratasi.

“KNPI akan terus terbuka untuk siapa saja yang ingin salurkan bantuannya. KNPI Yapen siap sebagai perpanjangan tangan, kami akan salurkan dalam 2 tahap. Hari minggu besok kami akan salurkan, tapi juga hari-hari berikut jika bantuan ada, kami akan salurkan lagi. Sekali lagi terimakasih kepada semua pihak yang kami tidak dapat menyebutkan namanya satu per satu, tapi Tuhan yang akan membalas semua kebaikan mereka” tutup Sekretaris DPD KNPI Yapen, Yunus Wona,S.Pd (*)

(Cindy)

error: Content is protected !!