Penilaian Keterbukaan Informasi Publik, Bawaslu Terima Monev Tim Pemeringkatan Komisi Informasi Provinsi Papua

SAIRERINEWS.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua, Jumat (11-11-2022) menerima Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik dari Komisi Informasi Provinsi Papua yang diterima oleh Kordinator Divisi Humas, Data dan Informasi di Ruang PPID, Lt.1 Kantor Bawaslu Provinsi Papua.

Dalam Monev. tersebut yang dipimpin oleh Joel Batuel Agaki Wanda selaku Kordinator Monev dan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik pada Komisi Informasi Provinsi Papua menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu Provinsi Papua selaku lembaga Publik yang telah menyampaikan SAQ untuk selanjutnya dilakukan Visitasi.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu Provinsi Papua sebagai salah satu Badan Publik yang telah menyampaikan SAQ kepada kami untuk selanjutnya hari ini kami melakukan Visitasi terhadap SAQ dari Bawaslu Provinsi Papua.

Lebih lanjut pula dikatakan Visitasi ini dilakukan untuk memverifikasi SAQ Bawaslu Provinsi Papua yang telah diterima, untuk memastikan Implementasi Komitmen, Kordinasi, Strategi, dan Inovasi dari Bawaslu selaku Badan Publik. Ungkap Joel.

Dalam kesempatan yang sama Wilhelmus Pigai selaku Ketua Komisi Informasi menambahkan Pada dasarnya Bawaslu Provinsi Papua telah Informatif dengan ide dan gagasannya dalam membuat Inovasi untuk menyebar Informasi, kedepannya Bawaslu Papua semakin Informatif dalam memberikan Informasi ke Masyarakat.

Menanggapi Tim Monitoring tersebut Anggota Bawaslu Provinsi Papua Ronald M. Manoach selaku Kordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi memaparkan layanan keterbukaan informasi di Bawaslu Papua dan menjelaskan bahwa komitmen keterbukaan Informasi merupakan nafas dari Bawaslu, sebab dalam menjalankan tugas pencegahan Bawaslu memiliki komitmen tinggi untuk menjalankan keterbukaan informasi, sehingga informasi yang benar akan menjadi benteng terhadap disinformasi sehingga tidak meninbulkan konflik di masyarakat.

Apalagi informasi yang berkaitan dengan politik sangat sensitif tentunya. Sehingga kami juga telah membuat innovasi kontekstual untuk layanan informasi baik itu berbasis digital maupun berbasis konvensional.

Bawaslu Papua juga kedepannya akan berupaya lebih Inovatif lagi dalam menjalankan keterbukaan Informasi juga akan mendorong Kabupaten/Kota untuk lebih terbuka memberikan Informasi kepada Masyarakat.

“Saya Mewakili Bawaslu Provinsi Papua menyampaikan Terima Kasih atas Kegiatan Visitasi di Bawaslu Provinsi Papua untuk melakukan monev terkait Keterbukaan Informasi.

Karena Keterbukaan Informasi ini merupakan Aspek Penting untuk meningkatkan layanan Bawaslu kepada Publik.

Dan hal ini kami seriusi karena menyangkut legitimasi proses demokrasi maka keterbukaan itu menjadi mutlak.Kami Bawaslu Provinsi Papua juga mendorong Bawaslu Kabupaten/Kota agar terbuka dalam memberikan informasi kepada Publik”. (hym)

error: Content is protected !!