Di Saireri, 3 Kejadian Kebakaran Terjadi Dalam Sehari

2
46
Puing-puing Kebakaran di Pasar Baru - Kampung Awunawai (Yapen Timur)

SAIRERINEWS.COM – Wilayah adat Saireri yang meliputi kabupaten Kepulauan Yapen, kabupaten Biak Numfor, kabupaten Waropen dan kabupaten Supiori Provinsi Papua, 9 November kemarin terkonfirmasi mengalami 3 kejadian kebakaran dalam sehari.

Kejadian kebakaran yang pertama terjadi di kabupaten Supiori yang menghanguskan 6 rumah toko (ruko), sedangkan 2 kejadian musibah terjadi di kampung Awunawai distrik Yapen Timur, kabupaten Kepulauan Yapen.

Kapolres Supiori AKBP Moh. Darodjat Daimboa, S.Pd terjun langsung bersama personelnya untuk membantu memadamkan api (foto ist)

Peristiwa kebakaran di lokasi Perdagangan Sorendaweri, kabupaten Supiori, hingga 6 ruko hangus dilahap api,terjadi sekitar pukul 15.00 WIT.

Kapolres Supiori AKBP Moh. Darodjat Daimboa, S.Pd terjun langsung bersama personelnya untuk membantu memadamkan si jago merah.

Kapolres mengatakan bahwa menurut informasi dari masyarakat, api berawal dari salah satu rumah yang diketahui milik Bapak Luki sehingga api menjalar dengan cepat ke bangunan lain yang mengakibatkan 6 ruko juga ikut terbakar.

“6 Ruko yang telah hangus diketahui berupa bengkel, warung, pedagang pakaian serta toko sembako yang berada dekat api menjalar,” ucapnya.

AKBP Moh. Darodjat menyampaikan, pihaknya segera merespon setelah mendapatkan informasi dan dengan cepat membantu memadamkan api serta menyelamatkan barang-barang berharga milik masyarakat dari kediaman mereka yang berdekatan dengan lokasi kebakaran.

“Dapat kami ketahui bahwa api dapat kami padamkan sekitar pukul 17.45 WIT, untuk korban jiwa tidak ditemukan namun untuk kerugian materil akan disampaikan setelah diadakan perhitungan, dan penyebab kebakaran masih menunggu Investigasi lebih lanjut dari Sat Reskrim Polres Supiori,” jelas Kapolres.

Pasar Baru – Kampung Awunawai (Yapen Timur) Kabupaten Kepulauan Yapen

Musibah kebakaran lainnya terjadi di sekitar area perusahaan PT.Sinar Wijaya Plywood Industries (SWPI) Awunawai, Yapen Timur.

Kejadian bermula dari penjual BBM, api merambat begitu cepat hingga menghanguskan area Pasar Baru Awunawai. Kejadian kebakaran itu terjadi sekitar 15.30 WIT, menghanguskan puluhan kios, bengkel, kos-kosan dan tempat tinggal lainnya yang notabene terbuat dari kayu dan tripleks.

Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Herzoni Saragih saat dikonfirmasi menjelaskan “Kejadian sekitar pukul 15.30 tadi bertempat di Pasar Baru Kampung Awunawai, Distrik Yapen Timur. Api secara cepat menyebar dan menghanguskan semua perumahan dan kios warga yang sebagian besar bangunan terbuat dari kayu,” kata Herzoni.

Kos-kosan Milik Bapak Andy Sroyer (Kebakaran 9 Nov 2022) Kampung Baru – awunawai

Kejadian ke tiga, terjadi di rumah sewa milik Bapak Andy Sroyer, kurang lebih 600 meter jaraknya dari kejadian kebakaran awal, yakni Pasar Baru, Awunawai.

Dari 3 kejadian ini, tidak ada korban jiwa namun kerugian di setiap titik musibah diperkirakan ratusan juta rupiah atas kejadian ini.

Korban luka bakar telah mendapat perawatan medis pada puskesmas terdekat. Penyebab kejadian masih dalam proses penyelidikan pihak berwenang. (*)

(Jurnalis Warga)
Berbagai Sumber Rilis Media

 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini