Dinkes Biak Numfor, Kembali Latih 50 Kader Malaria

SAIRERINEWS.COM – Pelatihan kader malaria oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numnfor terus berlanjut. Kali ini sebanyak 50 masyarakat dari beberapa distrik kembali dilatih sebagai kader malaria di pelatihan II, di Swissbell Hotel Biak, Senin (07/11/2022).

Pelatihan ini ada yang kedua kalinya dalam satu bulan terakhir, dengan sasaran merekrut kader-kader yang diharapkan bisa membantu dalam memberikan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya melakukan pencegahan terhadap penyakit malaria.

Adapun ke 50 peserta yang akan dilatih selama lima hari antara lain perwakilan dari Distrik Biak Kota, Distrik Oridek, Distrik Biak Timur, Distrik Aimando, Distrik Padaido dan Distrik Warsa. Sebelumnya pada pelatihan kader malaria tahap I difokuskan bagi pelatihan kader malaria wilayah Numfor.

“Penanggulangan malaria oleh kader perlu dilakukan melalui upaya-upaya promotif, preventif (pencegahan), dan kuratif. Para kader perlu dibekali dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan di lapangan,” kata Plt. Sekda membacakan sambutan tertulis Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati memberikan apresiasi kepada masyarakat dan semua pihak yang ikut mengambil bagian sekaligus bersedia menjadi kader-kader malaria. Keterlibatan mereka dinilai sebagai bentuk wujud kepedulian dan kecintaan terhadap kesehatan masyarakat, dan tentunya terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Biak Numfor.

“Pelatihan yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari upaya membangun perspektif, kesadaran dan komitmen yang sama untuk mewujudkan Biak Numfor bebas malaria, minimal kita terus meminimalisir angka kasus penyakit malaria yang tergolong sudah mulai rendah,” tandasnya. (*)

HUMAS

error: Content is protected !!