PSP Soroti RSUD Serui, Layani Pasien Rujukan “Tanpa Dukungan” Pemda Waropen dan Mamberamo Raya

Gifli Buinei, ST Ketua Umum Pemuda Saireri Papua (PSP).

SAIRERINEWS.COM – Pelayanan Kesehatan menjadi salah satu point penting yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) bagi orang asli Papua.

Pelayanan Rumah Sakit Rujukan sebagaimana diketahui telah dibagi berdasarkan wilayah adat. Wilayah adat Tabi (Mamta); RSUD Dok 2 dan RS Abepura, wilayah Adat Saireri; RSUD Biak, wilayah Mee Pago; RSUD Nabire dan Mimika, wilayah La Pago; RSUD Wamena dan wilayah Anim Ha; RSUD Merauke.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Pembagian dan Penunjukan RSUD berdasarkan wilayah adat ini, untuk memudahkan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat. Namun bagaimana jika RSUD yang bukan klaster RS Rujukan, melayani Pasien Rujukan, itulah yang di alami oleh RSUD Serui.

Hal ini mendapat perhatian dari Pemuda, Gifli Buinei, ST selaku Ketua Umum Pemuda Saireri Papua (PSP).

@sairerinewsDialog ! Penjelasan Direktur RSUD Serui, Menjelaskan Kondisi RSUD Serui (2022)♬ original sound – SAIRERI NEWS

“Kami apresiasi Pememerintah daerah Kepulauan Yapen karena di tengah keterbatasan dan tanpa SK Kemenkes RI, tentang penetapan RSUD Serui sebagai RS rujukan, namun RSUD Serui harus melayani pasien rujukan dari kabupaten Waropen dan Mamberamo Raya” tutur Gifli, Sabtu 5 Oktober 2022 di Jayapura.

PSP menilai, masyarakat pada beberapa kampung di Kabupaten Mamberamo Raya, lebih memilih berobat ke RSUD Serui karena jaraknya lebih dekat dibandingkan harus ke RSUD Kawera Mamberamo Raya.

Hal berbeda dengan masyarakat Waropen harus berobat ke RSUD Serui karena Kabupaten Waropen tidak memiliki RSUD.

Gifli Buinei menuturkan “Hal tersebut mengakibatkan pelayanan di RSUD Serui tidak maksimal karena menanggung beban melayani ribuan pasien setiap tahun dari dua kabupaten tetangga ini. Oleh karena itu, kami minta kepada pemerintah daerah Kabupaten Mamberamo Raya dan Kabupaten Waropen untuk memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan bagi warganya” harap Pemuda Saireri Papua.

Dalam rilis yang diterima media ini, PSP mengusulkan Perlu ada kerjasama dan dukungan anggaran dari Pemda Waropen dan Pemda Mamberamo Raya agar pelayanan di RSUD Serui tidak terganggu dan masyarakat dua kabupaten ini bisa terlayani dengan baik di RSUD Serui.

Selama ini RSUD Serui telah memberikan pelayanan kepada masyarakat Waropen dan Mamberamo Raya namun tidak ada dukungan dari kedua pemerintah daerah tersebut. (*)

Mark Imbiri

error: Konten dilindungi !!!