“Indonesia Sehat” Dinkes Yapen Gelar Koordinasi Teknis Terintegrasi Lintas Program dan Puskesmas

SAIRERINEWS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, hari ini menggelar Kegiatan Pertemuan Koordinasi Teknis Terintegrasi Program/Sektor dan Puskesmas dalam Intervensi PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga), di Hotel Merpati Serui, kamis 3 November 2022.

Pertemuan ini diikuti oleh peserta yang merupakan perwakilan Dinas Kesehatan yang ditunjuk sebagai penanggung jawab PIS-PK dan juga perwakilan dari beberapa Puskesmas di masing-masing distrik se kabupaten kepulauan Yapen.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kabupaten Kepulauan Yapen, Yanes Yowei (kanan) saat memberikan materi.

Dalam pertemuan ini, terdapat beberapa hal yang menjadi kesepakatan bersama yakni salah satunya penggalangan komitmen kembali dan menyepakati target PIS-PK, dan sepakat untuk melibatkan lintas sektor dalam monitoring PIS-PK.

Target Coverage (Pendataan dan Pengentrian di Aplikasi KS) Puskesmas, ditargetkan tahun 2022; Puskesmas Mumbeai, Kosiwo, Rerasumpi, dan Puskesmas Dawai.

Target 2023; Puksesmas Menawi dan Warari, sedangkan Target Coverage 2024 Puskesmas Serui Kota.

Sedangkan Puskesmas lainnya telah menargetkan Coveragenya, seperti ; Puskesmas Waindu (TC 2019), Puskesmas Tindaret (TC 2020), Puskesmas Poom (TC 2020), Puskesmas Wooi (TC Januari 2021), Puskesmas Windesi (TC November 2021) dan Puskesmas Ansus (TC Januari 2022).

Yanes Yowei saat dihubungi mengatakan ” saya kepala bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kabupaten Kepulauan Yapen mengucapkan terima kasih kepada puskemas yang telah total coverage, harapan kami puskemas yang belum total coverage agar dapat memenuhi target mencapai total coverage nya” tutur Yanes.

Senada dengan itu, ditambahkan dalam penyampaian materi oleh Kepala seksi Pelayanan primer Sumawati.S.KM.M.Kes, bahwa PIS-PK kegiatan ini dilakukan dengan melakukan kunjungan keluarga di wilayah kerja Puskesmas guna memastikan keadilan kesehatan bagi seluruh masyarakat di kabupaten kepulauan Yapen, program ini sekaligus pendukung utama pencapaian standar pelayanan Minimal.

error: Konten dilindungi !!!