Fraksi NasDem DPRD Yapen “Ajak” Masyarakat Support Pj. Bupati Yapen

Mendagri Prof. H. M. Tito Karnavian M.A., Ph.D ketika melantik Pj Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y. Mambay S. Pd. M.Si di Aula Kantor Kemendari di Jakarta, Senin (17/10) - Ginting/Cepos

SAIRERINEWS.COM – Kementerian Dalam Negeri melakukan pelantikan Penjabat di 3 wilayah yang telah akhiri masa jabatan kepala daerahnya.

Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Tolikara. Pelantikan itu digelar di Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Jl. Medan Merdeka Utara, Senin (17/10/2022) pagi.

Pj Bupati Kepulauan Yapen yakni Cyfrianus Y Mambay,S,Pd,M.Si dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian sebagai Pj Bupati Yapen.

“Mengangkat saudara Cyfrianus Y Mambay, staf ahli bidang ekonomi keuangan dan pembangunan provinsi Papua sebagai Pj Bupati Kepulauan Yapen. Masa jabatan Pj Bupati ini terhitung satu tahun sejak tanggal pelantikan,” demikian isi surat keputusan Mendagri.

Keputusan ini juga sekaligus memberhentikan dengan hormat Tonny Tesar sebagai Bupati Kepulauan Yapen dan Frans Sanadi sebagai Wabup Kepulauan Yapen dengan masa jabatan 2017-2022. Masa jabatan keduanya terhitung sejak berakhirnya masa jabatan pada tanggal 16 Oktober 2022.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Yapen Ade Yullen Banua (AYB)

Menyikapi hal ini, Ketua Fraksi NasDem DPRD Yapen Ade Yullen Banua (AYB) menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Tonny Tesar dan Bapak Frans Sanadi atas dedikasi yang selama menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati menciptakan prestasi-prestasi yang luar biasa bagi kemajuan Kabupaten Kepulauan Yapen

Dalam kesempatan yang sama dirinya menyampaikan selamat kepada Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Cyfrianus Yustus Mambay, S.Pd, M.Si, hari ini Senin (17/10/2022). Telah mengambil sumpah dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian digedung Sasana Bakti Praja, Jakarta Pusat.

AYB berharap agar Pejabat Bupati nantinya dapat terus melanjutkan setiap program kerja untuk membangun Kepulauan Yapen kedepan yang lebih baik.

“Mari seluruh masyarakat kita bergandeng tangan bersama-sama mendukung Pejabat Bupati Bapk Cyfrianus Y Mambay menjalankan pemerintahan, untuk kita membangun Kepulauan Yapen yang lebih nyaman, lebih maju dan lebih sejahtera bagi bangsa dan Negara” Pungkasnya AYB.

Pj. Bupati Yapen bersama Mantan Bupati Yapen, Foto bersama usai Acara Pelantikan

Pesan Mendagri dalam sabutannya berpesan Pj Bupati Yapen Cyfrianus Y Mambay melanjutkan pekerjaan Bupati yang telah purnatugas. Situasi di Yapen dinilai Tito relatif aman dari kelompok bersenjata.

“Kepada Penjabat baru Kepulauan Yapen dapat meneruskan apa yang dikerjakan Pak Toni (Toni Tesar),” kata Tito.

Usai pelantikan, saat ditemui wartawan, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay menjelaskan bahwa tuntutan undang-undang tentang Pemilu pada 2024, sehingga terjadi kekosongan jabatan yang diisi oleh penjabat Bupati. Salah satu tugasnya adalah melanjutkan Pemerintahan, menciptakan stabilitas keamanan di daerah dan mensukseskan pemilu dari Pilpres maupun Kepala Daerah. Tentunya dalam melaksanakan tugas ini bersama Forkompinda, ASN, dan seluruh masyarakat.

Mambay berharap sesuai dengan amanat UU dan pesan dari pemerintah pusat untuk melanjutkan pembangunan agar lancar sehingga Kabupaten Kepulauan Yapen akan maju.

” Pembangunan 10 tahun ini sangat maju sehingga harapan siapapun yang menjadi Penjabat Bupati Kepulauan Yapen harus bisa terus melakukan percepatan – percepatan yang diletakkan oleh Bupati sebelumnya sehingga pembangunan akan lebih maju lagi” ujarnya.

(Robby Mesak)

error: Content is protected !!