Cyfrianus Mambay, Dilantik Mendagri Sebagai PJ Bupati Kepulauan Yapen

SAIRERINEWS.COM – Kementerian Dalam Negeri melakukan pelantikan Penjabat di 3 wilayah yang telah akhiri masa jabatan kepala daerahnya.

Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Tolikara. Pelantikan itu digelar di Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Jl. Medan Merdeka Utara, Senin (17/10/2022) pagi.

Pj Bupati Kepulauan Yapen yakni Cyfrianus Y Mambay,S,Pd,M.Si dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian sebagai Pj Bupati Yapen.

Mendagri Tito Karnavian, Saat Melantik Cyfrianus Mambay sebagai PJ Bupati Yapen (Jakarta,17 Oktober 2022) ist

“Mengangkat saudara Cyfrianus Y Mambay, staf ahli bidang ekonomi keuangan dan pembangunan provinsi Papua sebagai Pj Bupati Kepulauan Yapen. Masa jabatan Pj Bupati ini terhitung satu tahun sejak tanggal pelantikan,” demikian isi surat keputusan Mendagri.

Keputusan ini juga sekaligus memberhentikan dengan hormat Tonny Tesar sebagai Bupati Kepulauan Yapen dan Frans Sanadi sebagai Wabup Kepulauan Yapen dengan masa jabatan 2017-2022. Masa jabatan keduanya terhitung sejak berakhirnya masa jabatan pada tanggal 16 Oktober 2022.

Mantan Bupati Tonny Tesar (kiri) dan Sekda Yapen Erny Tania (kanan) Foto Bersama PJ Bupati Yapen Cyfrianus Mambay bersama Istri, usai Acara Pengambilan Sumpah Janji Penjabat oleh Mendagri (ist)

Selain itu, Tito juga melantik Marten Kogoya sebagai Pj Bupati Tolikara. Marten merupakan Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Papua.

“Mengangkat saudara Marten Kogoya, Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Papua sebagai Pj Bupati Tolikara. Masa jabatan Pj Bupati terhitung satu tahun sejak keputusan ditetapkan,” demikian isi surat keputusannya.

Keputusan itu juga sekaligus memberhentikan dengan hormat Usman Wanimbo dari Bupati Tolikara dan Dinus Wanimbo dari Wabup Tolikara. Pemberhentian keduanya terhitung sejak 16 Otober 2022.

Mendagri Foto Bersama PJ Gubernur DKI Jakarta, PJ Bupati Yapen dan PJ Bupati Tolikara

Pj Bupati Yapen Cyfrianus Y Mambay melanjutkan pekerjaan Bupati yang telah purnatugas. Situasi di Yapen dinilai Tito relatif aman dari kelompok bersenjata.

“Kepada Penjabat baru Kepulauan Yapen dapat meneruskan apa yang dikerjakan Pak Toni (Toni Tesar),” kata Tito.

Untuk Pj Bupati Tolikara Marten Kogoya, Tito berpesan agar rajin mengecek kondisi masyarakat di lapangan. Dia yakin akan kemampuan Marten Kogoya yang merupakan putra daerah.

“Tolong betul-betul rajin blusukan, jangan terlalu lama meninggalkan tempat. Rakyat Tolikara membutuhkan Bapak di sana. Gunakan APBD betul-betul untuk kepentingan rakyat, jaga stabilitas keamanan di Tolikara. Saya paham, daerah yang cukup rawan. Tolong rangkul semua pihak,” kata Tito Karnavian.

Tolikara bakal menjadi bagian dari provinsi baru, yakni Papua Pegunungan. Tito berpesan agar Pj Bupati Tolikara mendukung pembentukan provinsi baru tersebut.(*)

Anwar Wahyudi (untuk News Detik dan Papua)

 

error: Content is protected !!