17 Oktober Besok Mendagri Lantik PJ Bupati Yapen di Jakarta

Cyfrianus Yustus Mambay, S.Pd,M.Si (foto ils SAIRERINEWS.COM)

SAIRERINEWS.COM – Masa Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar dan Frans Sanadi berakhir 16 Oktober 2022 ini. Dimana pasangan Tonny-Frans (TOFAN) memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2017 dan dilantik oleh Gubernur Papua Lukas Enembe yang ke 2 periode masa bakti 2012 – 2022.

10 Tahun memimpin Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar dan Frans Sanadi purna tugas dan akan dilanjutkan oleh seorang Penjabat Kepala Daerah guna menjalankan roda pemerintahan hingga November 2024 Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) digelar sesuai Jadwal Pemilu Serentak.

Cyfrianus Yustus Mambay, S.Pd,M.Si dipilih Kementerian Dalam Negeri untuk menjalankan tugas Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen.

Hal tersebut terkonfirmasi berdasarkan nomor Undangan 005/6768/SJ yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si tertanggal 14 Oktober 2022, perihal Undangan Pelantikan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen.

Pelantikan Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Tolikara sedianya akan dilaksanakan hari Senin, 17 Oktober 2022 di gedung Ruang Sanana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C Kemendagri, Jalan Merdeka Utara No.7 – Jakarta Pusat.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa, guna mengisih Kepala Daerah yang telah akhir masa jabatannya, Mendagri telah menyurati Gubernur Papua dengan nomor surat nomor Surat Mendagri  131/8544/SJ tertanggal 22 Juli 2022 dan Mendagri menyurati DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen untuk mengusulkan nama-nama PJ Bupati dengan nomor Surat 120/5148/SJ tertanggal 31 Agustus 2022.

Menjawab Surat Mendagri tersebut, Gubernur Papua Lukas Enembe mengusulkan nama Cyfrianus Yustus Mambay, S.Pd,M.Si (Staf Ahli Gubernur Bidang Pengembangan Otonomi Khusus – Provinsi Papua) kepada Mendagri, dengan nomor 131/10606/SET tertanggal Jayapura 5 September 2022.

Sedangkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Yapen, mengusulkan nama Erny R. Tania,S.IP, Weliam R. Manderi,S.IP,M.Si dan Doren Wakerwa,SH,M.H kepada Mendagri dengan nomor Surat 170/73/DPRD tertanggal Serui 14 September 2022.

Kementerian dalam negeri akhirnya memilih Cyfrianus Yustus Mambay, S.Pd,M.Si sebagai PJ Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen yang sedianya akan dilantik Senin 17 oktober besok, sesuai undangan yang diterima, nomor Undangan 005/6768/SJ yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si tertanggal 14 Oktober 2022, perihal Undangan Pelantikan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen.

Bupati Tonny Tesar menyampaikan secara langsung ucapan selamat atas ditunjuknya pejabat Bupati Kepulauan Yapen yang akan memimpin Kabupaten Kepulauan Yapen pasca purna tugas kepemimpinannya.

Bupati Tonny Tesar bersama Pejabat Lainnya, Memberikan Ucapan Selamat Kepada PJ Bupati Yapen, disampaikan secara langsung ketika usai menghadiri kegiatan penyerahan paket bantuan green house dan bibit sayuran hidroponik kepada kelompok penerima manfaat, pada hari Kamis, 13 Oktober 2022

“Saya Bupati Kepulauan Yapen bersama Sekretaris Daerah, para asisten serta pimpinan OPD Kabupaten Kepulauan Yapen, mengucapkan selamat dan sukses kepada saudara Cyfrianus Y Mambay, S.Pd, M.Si yang ditunjuk oleh negara untuk menjabat sebagai bupati Kabupaten Kepulauan Yapen ” ucap Bupati Tonny Tesar di Serui, 13 Oktober 2022.

Ketua DPRD Kepulauan Yapen, Yohanes G Raubaba, S.Sos juga menyampaikan dukungan atas keputusan Mendagri tersebut.

Dijelaskan Ketua DPRD bahwa sebagai pimpinan DPRD menurutnya, siapa saja yang telah diangkat, ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan tugas sebagai penjabat bupati Kabupaten Kepulauan Yapen 2022 hingga pemilihan Kepala Daerah yang baru 2024 dan hal ini adalah kewenangan pemerintah pusat.

Ketua DPRD menjelaskan bahwa sebagai ketua DPRD dan anggotanya tentu akan memberi dukungan kepada penjabat bupati yang telah diangkat oleh pemerintah pusat demi terselenggaranya penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan kemasyarakatan di kabupaten kepulauan Yapen.

Pimpinan DPRD juga mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen agar memberi dukungan yang positif kepada penjabat bupati yang diangkat, ditujuk oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan. (*)

Mark Imbiri

error: Content is protected !!