Di Biak, 50 Angkatan Muda Kerja SMK Ikut Sertifikasi VSGA

SAIRERINEWS.COM – Sebanyak 50 angkatan muda kerja dari lulusan SMK mengikuti pelatihan dan sertifikasi Vocational School Graduate Academy (VSGA) yamg digelar oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Makassar, di Aula SMA Yapis Biak, Selasa (13/9) kemarin.

Kepala BBPSDMP Komunikasi dan Informatika Makassar Dr. R. M. Agung Harimurti, M.Kom dalam sambutannya menyampaikan, angkatan kerja muda lulusan SMK nantinya setelah mengikuti pelatihan selama tiga hari akan disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) teknologi digital.

“Ketika lulus akan mendapatkan sertifikat nasional SKKNI yang bisa digunakan untuk mendaftar pekerjaan di seluruh Indonesia,” kata Agung

Ia juga mengatakan, pihaknya dari Kementerian Kominfo mempunyai program yang dinamakan program transformasi digital, yang merupakan amanah langsung dari Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk dapat mempercepat proses transformasi digital masyarakat Indonesia agar pada tahun 2045, Indonesia menjadi negara dengan pendapatan ekonomi tertinggi nomor 5 diseluruh dunia.

“Kementerian Kominfo telah membangun beberapa infrastruktur digital, salah satunya adalah Palapa Ring yakni jaringan fiber optik yang menghubungkan seluruh Indonesia supaya dapat berkomunikasi dengan lancar,” ujarnya.


Sementara itu, Plt Sekda Kabupaten Biak Numfor Zakarias L. Mailoa, ST.,MM yang membacakan sambutan tertulis Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd mengatakan, pelatihan dan sertifikasi VSGA merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pengembangan wawasan dan peningkatan keahlian masyarakat di bidang teknologi informasi, khususnya para generasi muda.

“Tentunya pelatihan dan sertifikasi VGSA ini akan membantu menjawab tantangan dunia kerja maupun dunia usaha terlebih lagi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, menyiapkan SDM yang profesional di bidang digital agar lebih unggul dan kompetitif tidak akan cukup kita dapatkan dengan mengandalkan lembaga pendidikan semata, tetapi peran pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan lembaga profesional lainnya sangat penting dengan menyediakan platform digitalisasi.

“Pemerintah Kabupaten Biak Numfor sangat mendukung dan siap bersinergi mensukseskan program pelatihan VGSA ini, program ini akan membantu dan strategis bagi generasi muda khususnya alumni SMK yang ada di Kabupaten Biak Numfor,” terangnya

“Saya berharap melalui pelatihan ini para peserta dapat menjadi generasi muda yang kreatif dan inovatif. Kalau boleh setelah pelatihan ini para peserta bisa menjadi bagian dari upaya pembangunan industri kreatif melalui platform media digital, salah satunya bisa sebagai content Creator, game developer, atau Digital marketing,” harap Sekda.(*)

HUMAS PRO BIAK

error: Content is protected !!