Tokoh Pemuda Yapen, Berikan Apresiasi Kepada 3 OPD Atas Akses Publiknya

SAIRERINEWS.COM – Apresiasi patut kita berikan bagi kinerja 3 organisasi perangkat daerah (OPD) yang di pandang memang layak mendapatkan reward dari Bupati kabupaten Kepulauan Yapen.

Ketiga OPD yang terakses publik dalam kerja-kerja dan transparansi informasi publiknya adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan dan Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Kepulauan Yapen.
Apresiasi kepada dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) atas program inovatifnya “JEBOL” (Jemput Bola artinya turun ke kampung-kampung melakukan pendataan, pelayanan perekaman E-KTP, Kartu Keluarga, Akta kelahiran, Akta Nikah dan pelayanan lainnya langsung di kampung-kampung).
Harold Wenno, AP, M.Si (Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Kepulauan Yapen) ist
Penilaian plus kepada kepala dinas Dukcapil Yapen Harold Wenno, AP, M.Si dalam 2 tahun penilaian Ombudsman, selalu mendapat nilai pelayanan publik yang baik.
Ketua Relawan TIK Papua, Alldo Mooy di Jayapura 3 September lalu mengatakan “Sudah seharusnya pelayanan publik berjalan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, yang mana setiap OPD harus secara perspektif menerapkan hal tersebut. Sehingga apresiasi kami kepada Dukcapil Yapen, karena mampu melayani rakyat sesuai dengan ketentuan undang-undang” tutur Alldo.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Karolus  Tanawani,SKM,MPH (ist)
Apresiasi dan penghargaan kepada kepala Dinas Kesehatan. Apresiasi kepada Karolus  Tanawani,SKM,MPH capaiannya jelas dan terukur,  dimana dari target kerja akses Pelayanan Kesehatan,  di setiap Distrik se kabupaten kepulauan Yapen sudah di bangun puskesmas – puskesmas Prototipe,  ketersediaan Obat dan Penempatan tenaga Medis di tempat tugas.
Apresiasi dan penghargaan kepada kepala Dinas Kominfo. Apresiasi kepada Welem Bonay,S.Sos,  dengan keterbatasan biaya operasional, beliau beserta staf sudah berupaya maksimal dalam memperjuangankan terpasangnya BTS – BTS, VSat di setiap Distrik dan Kampung  dibeberapa titik – titik startegis lainnya.
Tokoh Pemuda Benyamin Wayangkau menilai Infokom Yapen, “tentunya dengan harapan masyarakat dapat merdeka dalam mengakses informasi komunikasi,  tetapi dalam strategis jangka panjang untuk kepentingan pembangunan” beber Wayangkau.
Kominfo efisiensi, hindari pemotongan dan lain – lain yang tak terduga dalam penggunaan  anggaran dapat dilakukan dengan sistem elektronik, baik perencanaan, maupun pembelanjaan barang dari anggaran kampung bisa di lakukan tampa harus aparat kampung turun jauh ke kota, itu pemikiran ‘brilyan’ yang saya tangkap dari semangat bersama yang sampaikan oleh Pa Welem Bonay dalam setiap kesempatan diskusi, sehingga ada niat baik dari Kepala OPD ini untuk gencar memasang pemancar  BTS, mereka giat kerja siang maupun malam dalam segala cuaca  termasuk  membantu memasang di rumah – rumah Ibadah (Gereja – Gereja maupun  Mesjid), beber Wayangkau lagi.
Saya mengamati dan mengikuti perkembangan  ini secara baik,  sehingga  dalam kesempatan yang lain bahwa ada Rekam Jejak yang di tinggalkan pada suatu Ketika Nanti, ini Prestasi yang perlu mendapat reward serta dukungan moril semua stakeholder baik DPRD, Adat maupun Pemuda.
Willem Bonay,S.Sos : Kepala Dinas Infokom Kabupaten Kepulauan Yapen (ist)
Berharap bahwa anggaran operasional dari tiap – tiap OPD ini perlu di naikan karna kinerja mereka jelas dan rill,  sehingga OPD ini lebih eksis turun lapangan, tidak sebatas bicara di balik meja saja, ini hal positif,  karena ada perubahan di situ.
Masyarakat butuh lompatan – lompatan, apa lagi era seperti ini orang sudah berbicara teknologi 4.0 dan lain – lain,  rakyat kita sudah harus melek teknologi.
Dan yang terpenting adalah ada sinergitas antara Kominfo Yapen dengan OPD – OPD terkait  dalam pemanfaatan Alat Komunikasi (jaringan internet) sangat penting.
Sebagaimana yang sedang di kerjakan antara kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Kominfo, mapun dengan  Dukcapil  ini Luar biasa,  jadi di setiap puskesmas bertipe Prototipe ini sudah dapat terpasang Jaringan BTS atau VSat.
Masyarakat dalam hal ini anak – anak muda selalu kumpul di situ tiap malam tuk akses informasi.
Kedepan  anak – anak mudah di kampung sudah bisa di latih untuk menginput data mengenai potensi kampung, membuat profil kampung sesuaiformat – format yang mungkin di siapkan oleh kementrian desa melalui pendamping desa/kampung ataupun Aparat Distrik.
Tokoh Pemuda : Benyamin Wayangkau
REDAKSI : sairerinews.com
error: Content is protected !!