Tebar 7 Ribu Bibit Ikan Mas, Anggota DPRD Yapen Harap BBI Harus Jadi Perhatian Bersama

Roy Palunga (tengah) bersama Dinas Perikanan dan Siswa SMK saat menebar 7 ribu bibit Ikan (Humas DPRD Yapen)

SAIRERINEWS.COM – Sebanyak 7 ribu benih ikan Mas dilebar oleh Anggota DPRD Yapen, Roy Palunga di Balai Benih Ikan (BBI) Tawar, Jalan Mangga Serui, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen. Pada Senin (12/09/2022) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri Plt. Sekretaris Dinas Perikanan Max O. Aninam dan Kepala Balai Benih Ikan Jhony Mambay, serta Siswa Pelajar SMK Negeri 1 Kainui Angkatan 21.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Roy Palunga menyampaikan, tebar benih ikan tersebut antara lain bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan dan juga angka konsumsi ikan masyarakat.

“Penebaran benih ikan merupakan salah satu cara budidaya ikan, sehingga menjadi sumber alternatif penyediaan ikan. Penebaran benih ikan dalam rangka menjaga ekosistem dan ketersediaan pangan ikan bagi masyarakat sebagai upaya mencukupi kebutuhan protein dan peningkatan konsumsi ikan,” jelas Roy.

Politisi Gerindra ini menyampaikan apresiasi kepada pengelola Balai Benih Ikan Tawar, meski tidak adanya perhatian bagi Balai tersebut, namun masih tetap berjalan sampai saat ini.

“Ini yang patut di Apresiasikan, saya sebagai anggota DPRD akan memperhatikan ini sebagai aspirasi yang akan diperjuangkan dilembaga Legislatif, sehingga BBI kedepannya, bisa di perhatikan oleh Pemerintah Daerah” tegas Roy

Tak hanya itu, Roy juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa bagi 11 Siswa Pelajar SMK Negeri Kainui Angkatan 21 yang saat ini menjalani praktek lapangan, melalui bimbingan di BBI ini, siswa boleh belajar melakukan pemijahan terhadap benih ikan dan menjadi modal pengembangan ilmu kedepannya.

Ditambahkan juga oleh kepala Balai Benih Ikan Serui, Jhon Mambay bahwa 7 ribu benih ikan mas yang ditebar dalam kolam pembesaran ini, merupakan hasil pemijahan dari Siswa Pelajar SMK Negeri 1 Kainui Angkatan 21 yang tengah mengikuti praktek lapangan.

Sementara itu Plt Sekretaris Dinas Perikanan Max O. Aninam, mengatakan bahwa setiap tahunnya pasti akan dilaksanakan persentase dilapangan oleh Siswa praktek dari SMK Ansus dan SMK Negeri 1 Kainui di Balai Benih Ikan Tawar Serui.

Dijelaskan, pihaknya sudah berupaya bekerja keras agar rehalisasi ketersediaan benih Ikan di BBI ini terus terjaga agar bisa membantu adanya permintaan masyarakat Kota Serui, sehingga Balai ini bisa menjadi perhatian bersama bagi pemerintah maupun legislatif.

Humas DPRD Yapen (R.M)

error: Konten dilindungi !!!