Kepala DPMK dan OAP Yopi Murib Bersama Kemendes dan IFAD “Monev” ke Yapen

SAIRERINEWS.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Orang Asli Papua (OAP) Yopi Murib, SE, MM yang terlibat dalam kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) Program Tekad Tahun 2022 menanggapi positif pelaksanaan kegiatan tersebut, oleh sebab itu dirinya merasa sangat penting untuk terlibat langsung dalam kegiatan tersebut, menurut Kepala Dinas PMK dan OAP Provinsi Papua.

Suksesi pelaksanaan Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad) yang dilaksanakan di Provinsi Papua Tahun 2022, maka dilaksanakannya kegiatan MID Term Review yang dilaksanakan oleh International Fund for Agriculture Development (IFAD), Direktorat Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Orang Asli Papua (OAP) Provinsi Papua melakukan kunjungan pada locus dampingan Tekad, kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal (08-10/09/2022), dipusatkan di Distrik Kosiwo, dan Distrik Teluk Ampimoi Kabupaten Kepulauan Yapen.

Bahwa, basis pengembangan ekonomi masyarakat kampung perlu di cermati secara seksama oleh Pemerintah Baik Pusat, Daerah Provinsi dan Kabupaten, dalam merealisasikan visi misi pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat kampung.

Yopi Murib, bahwa Pelaksanaan Program Tekad yang telah dilaksanakan selama satu Tahun tersebut dirinya melihat ada pergerakan positif dalam kemajuan program Tekad di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Hal tersebut sudah barang tentu boleh lahir oleh adanya keterlibatan pemerintah daerah kabupaten Kep. Yapen, dimana beberapa jalur akses berupa sarana penunjang kegiatan ekonomi berupa jalan dan jembatan cukup baik sehingga dalam pemasaran sebagai suatu langkah pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dapat terakomodir.

Lebih lanjut Murib melihat bahwa perlu ada perhatian lebih dalam pengelolaan program dengan pelibatan secara aktif semua komponen yang terdapat didalam program Tekad baik dari tingkat pusat dan sampai ke kampung dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat.

Kegiatan MID Term Review yang dilakukan Bersama dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan Pendampingan Program Tekad pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan.

Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap Pemerintah Desa terutama dalam pelibatan pengawasan Tekad di Provinsi Papua.

Pada kesempatan monev tersebut mantan kepala dinas Koperasi dan ukm Kabupaten Puncak tersebut berharap, pelaksanaan kegiatan Tekad di Kabupaten Kep. Yapen monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan Tekad dan juga selaras dengan semangat bangsa Indonesia pasca Pandemi Covid-19 dengan Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat yang juga selaras dengan visi Gubernur Lukas Enembe Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera, sehingga perlu ada penanganan khusus bagi masyarakat yang ada di kampung-kampung untuk memperbaiki ekonomi keluarganya, dan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Orang Asli Papua proses tersebut sedang dan akan terus diimplementasikan di Tanah Papua tegas Yopi Murib (*)

error: Content is protected !!