Bupati Biak Numfor Temui Bupati Supiori “Bahas Sejumlah Agenda” Saireri

SAIRERINEWS.COM – Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si,. M.Pd berkunjung ke Kediaman Bupati Supiori. Bupati Herry Ario Naap (HAN) yang diterima dengan mansorandak (injak piring) disambut langsung oleh Bupati Supiori Drs. Yan Imbab, MM bersama sejumlah anggota DPRD Supiori dan pejabat terkait lainnya,Kamis (08/09/2022).

Pertemuan ini pada dasarnya menyamakan persepsi untuk percepatan pembangunan di kedua kabupaten yang dulunya satu wilayah pemerintahan.

Bupati Herry Ario Naap (HAN) yang diterima dengan mansorandak (injak piring) disambut langsung oleh Bupati Supiori Drs. Yan Imbab (Humas Pro Biak)

Ada empat poin yang menjadi bahan diskusi samakan persepsi untuk percepatan pembangunan diantara kedua kabupaten tersebut.

Adapun poin yang dibahas diantaranya pembahasan batas wilayah Biak dan Supiori, selain itu, juga dibahas tentang rencana pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023, perlunya kolaborasi ekspor ikan ke Jepang yang sedang berlangsung dan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Saireri.

Bupati Supiori Yan Imbab menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bupati HAN dan jajaran nya, termasuk Ketua DPRD Biak Numfor Milka Rumaropen.

“Kami percaya pèrtemuan hari ini dapat menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kedua pemerintahan yang ada hari ini. Dan sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Biak Numfor yang datang ke Supiori,” kata Bupati Supiori Drs. Yan Imbab

Sementara itu Bupati Herry Ario Naap mengatakan ada beberapa hal yang perlu untuk dibahas bersama dengan Bupati Kabupaten Supiori terkait dengan program serta strategi penyelenggaraan pemeritahan dengan tujuan untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Pulau Biak Numfor (termasuk Supiori).

“Tapal batas misalnya. Intinya adalah Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori memiliki administrasi wilayah yang jelas karena ini berdampak pada berbagai arah kebijakan pengelolaan pemerintahan, pembangunan, maupun dukungan keuangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah,” ujarnya.

Dikatakan, penyelesaian tapal batas penting, dan harus tuntas secepatnya. Masyarakat Supiori dan Biak Numfor adalah satu keluarga, satu bahasa dan sejumlah kesamaan lainnya, misalnya hanya memakai satu bahasa yaitu bahasa Biak.

Untuk itu, lanjutnya, maka penyelesaiannya harus dilakukan dengan sebaik mungkin sesuai dengan keinginan masyarakat di tapal batas. Misalnya saja, meminta masyarakat di wilayah tapal batas mau masuk di wilayah pemerintahan mana, Biak Numfor atau Supiori.
“Saya harap dalam waktu yang tidak lama kita bisa menyelesaikan masalah tapal batas ini, secepat mungkin harus tuntas,” tandasnya.

Sementara hal yang terkait dengan Sail Teluk Cendrawasih, lanjut Bupati HAN, akan menjadi momentum penting bagi pemerintah daerah di wilayah Teluk Cendrawasih (Saereri) untuk memperjuangkan beberapa program pembangunan yang ada di wilayah masing – masing.

“Kami juga berharap adanya dukungan dari Bupati Kabupaten Supiori bersama jajaran untuk pelaksanaan Sail Teluk Cendrawasih di tahun 2023,” harapnya.

Poin ketiga, terkait sektor perikanan, dimana dalam kesempatan kali ini HAN juga berharap pemerintah Supiori turut bekerjasama dalam mengekspor hasil potensi laut yang dimiliki, dengan demikian kita bisa mendapat rute penerbangan langsung dari Biak ke Jepang.

Dengan begitu, masih kata Bupati HAN, akan membantu masyarakat khususnya nelayan dalam meningkatkan pendapatn nya, dan dapat meningkatkan devisa bagi negara lalu kemudian menjadi dana bagi hasil kembali kepada daerah.

“Saya berharap kita kolaborasikan bagian ini menjadi satu hal yang harus kita perjuangkan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita,” pungkasnya.

Hal keempat adalah terkait DOB, dikatakan, sesuai dengan informasi yang diterima bahwa pekan depan jika para pimpinan daerah di wilayah adat saireri bertemu dengan Komisi II DPR RI, maka ada peluang besar wilayah saireri dapat ditetapkan bersama Papua Barat Daya sebagai Daerah Otonomi Baru.

Selain itu, dalam pertemuan kali ini juga membahas terkait infrastruktur, pihaknya terus berupaya di tingkat provinsi bahkan sampai ke pemerintah pusat, Ia berharap jalan yang menghubungkan Biak – Supiori, di tahun depan dapat dibangun.

“Kami berharap adanya dukungan dari pemerintah Kabupaten Supiori dalam mendukung bagian ini sehingga akses jalan Biak – Supiori menjadi lebih baik bagi seluruh masyarakat baik di Biak Numfor maupun Supiori sebagai pengguna jalan,” tutupnya.

Sekedar diketahui, Bupati dalam kunjungannya ke Kabupaten Supiori didampingi Ketua DPRD Biak Numfor Milka Rumaropen, staf khusus Bupati Biak Numfor, pimpinan OPD, dan tokoh pemuda serta tokoh masyarakat lainnya.(*)

Humas Pro Biak

error: Content is protected !!