Bersahabat Sejak Kecil Hingga Jadi Pemimpin “Saya Rindukan Frans Sanadi Cepat Pulih”

Satu Momen Candaan Seruh, Ketika HUT Kabupaten Yapen 2022. Bupati sebagai Wartawan mewawancari Wakil Bupati (sairerinews)

SAIRERINEWS.COM – Dua sosok pemimpin yang dikenal oleh masyarakat Papua, khususnya kabupaten kepulauan Yapen; Tonny Tesar dan Frans Sanadi (TOFAN).

10 Tahun memimpin kabupaten Yapen sebagai Bupati dan Wakil Bupati, Tonny Tesar dan Frans Sanadi dikenal dengan “Bapak Pembangunan Yapen”.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Menjelang akhir 2 periode ini, wakil Bupati Frans Sanadi jatuh sakit sejak 25 April lalu. Frans Sanadi dilarikan ke rumah sakit umum daerah Serui selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Provita Kota Jayapura.

Perawatan kesehatan wakil Bupati Frans Sanadi telah memasuki 4 bulan, hingga hari ini minggu 28 Agustus boleh dipulangkan dari Jayapura menuju Serui.

Tak henti-hentinya Bupati, segenap Pemerintah dan masyarakat kabupaten Kepulauan Yapen terus mendoakan kesehatan dan pemulihan Wakil Bupati dalam segala aktivitas.

“Saya sangat merindukan beliau. Kita percaya dengan Mujizat Tuhan itu ada, saya harap masyarakat mendoakan kesembuhan Pak Frans dan tidak memperkeruh keadaan saat ini” pintah Bupati Tonny Tesar,S.Sos.

Gubernur Papua Lukas Enembe saat Melantik Bupati dan Wakil Bupati Yapen (Tonny Tesar dan Frans Sanadi) – istimewa

Masyarakat dalam beberapa bulan terakhir ini merindukan dan bertanya sosok Frans Sanadi, pasalnya dalam bertugas turun ke distrik dan kampung hingga memimpin Upacara HUT RI 77, 17 Agustus kemarin, Bupati Tonny Tesar terlihat sendiri.

Pemandangan itu bagi rakyat adalah sebuah kekurangan, oleh karena itu seluruh masyarakat terus mendoakan Wakil Bupati hari lepas hari.

Tidak hanya dari posisi sebagai Wakil Bupati namun bagi Tonny Tesar, sosok Frans Sanadi adalah Sahabat sejak kecil, sehingga hubungan emosional serta kedekatan selalu melekat, kerap kali menjalani tugas dalam 4 bulan terakhir, Tonny selalu mengunjungi Frans yang terbaring sakit di RS. Provita.

“Malam ini, kita kawal kepulangan Pak Frans yang akan kembali ke Serui menggunakan Kapal Dobonsolo. Tak hanya itu saja, setiap ada perjalanan luar kota, saya selalu menyempatkan diri mampir ke Jayapura, mengunjungi Bapak Frans Sanadi. Kehadiran saya di tengah Pak Frans, bukan hanya sebagai Wakil Bupati Yapen yang selalu mendampingi saya, namun beliau adalah sosok sahabat saya sejak kecil. Saya berharap akan kesembuhan beliau,” kata Bupati Tonny Tesar.

Diketahui bersama, Wakil Bupati Frans Sanadi, BSc, S.Sos, MBA dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Serui, Senin 25 April 2022, sekitar pukul 08.30 saat hendak memimpin apel gabungan di halaman kantor bupati jalan Irian Serui.

Momen Perayaan 7 Tahun Memimpin Yapen (istimewa)

Setelah mendapat perawatan dari tenaga medis di IGD, wakil Bupati kemudian rontgen, sekitar pukul 10.30 WIT dipindahkan ke ruang ICU. Direktur RSUD Serui, dr. Johnny Beng Abba menjelaskan bahwa kondisi kesehatan bapak Wabup sudah membaik, namun demikian, untuk mendapatkan pemeriksaan lebih insentif lagi, maka bapak Wabup tetap harus dirujuk.

Tanggal 26 April 2022 atas permintaan pemerintah bersama keluarga, wakil Bupati di rujuk ke Jayapura masuk rumah sakit swasta Provita. Pemeriksaan CT-Scan RS Provita terdapat pendarahan otak akibat tekanan darah tinggi (260) tindakan yang harus dilakukan ialah operasi kepala di tengkorak dan mengeluarkan pendarahan sebanyak 40 cc.

Dalam Ibadah mendoakan kesembuhan Wakil Bupati Frans Sanadi, S.Bc.,S.Sos.,MBA bertempat di Rumah Jabatan Bupati (Rujab) yang dilakukan oleh Bupati, rabu 4 Mei 2022, Bupati Tonny Tesar menceritakan “memang pergumulan nya panjang dikarenakan dari keluarga agak berat melakukan tindakan operasi, sehingga sore itu setelah berbicara dengan dokter dan keluarga, saya bilang kita harus berbuat sesuatu tidak bisa kita menerima saja, kalau memang harus operasi kita harus relakan. Kalau kita melakukan sesuatu apakah kita biarkan kondisi bapak terus begitu?” jelas Bupati Tonny Tesar, S. Sos kepada keluarga Wakil Bupati.

Momen Perayaan 9 Tahun Kepemimpinan TOFAN di Yapen (istimewa)

“Operasi sempat terhenti dikarenakan kesulitan memasukkan ventilator ke tenggorokan Wabup Frans Sanadi, dengan 3 dokter anestesi ventilator bisa terpasang baik dan operasi bisa berlangsung kurang lebih 3 jam dan selesai dengan baik dan lancar pada tanggal 27 April 2022 jam 1.15. Setelah operasi wakil Bupati sudah bisa berkomunikasi dan menulis pesan dengan tangan kiri. Tetapi pada tanggal 28 April 2022 kondisi wakil Bupati dikabarkan menurun.

Tanggal 4 Mei 2022 Plt Sekda Erny R Tania, S.IP di minta oleh Bupati untuk menghubungi kembali keluarga dari Wakil Bupati dan hasilnya kondisi Wakil Bupati sudah membaik.

“Puji Tuhan ada respon yang lebih baik dari 2 hari yang lalu, saya merasakan ini suatu mujizat Tuhan, kita harus saling mendoakan untuk kesembuhan Bapak Wakil Bupati sebagai orang percaya mukjizat Tuhan, karena saya yakin bahwa sangat besar kekuasaan Tuhan bila doa dilakukan dengan benar dan oleh orang yang benar-benar yakin akan kekuasaan Tuhan” imbuh Bupati Tonny Tesar, S.Sos.

Terus mengkonfirmasi perkembangan perawatan Wakil oleh Bupati baik secara pemerintahan dan keluarga terus dilakukan. Kembali Bupati melakukan ibadah pada tanggal 30 Mei di gedung Silas Papare Serui, ibadah itu dipimpin Ketua Majelis GKI Jemaat Efata Tarau Pendeta Eva Lentik Ayal.

Tonny Tesar menyampaikan rasa syukur karena kondisi Frans Sanadi terus membaik. Bahkan dalam waktu 2 hingga 3 hari ke depan sudah dapat dipindahkan dari ICU ke ruang rawat inap.

Momen Kedekatan Sahabat, Wakil Bupati memberikan Ucapan Ulang Tahun kepada Bupati saat Tengah Malam (istimewa)

Setiap kegiatan pemerintah, selalu doa dinaikan untuk wakil Bupati. Sempat tersirat di pikiran keluarga untuk wakil Bupati dirujuk lagi ke luar Papua atau Luar Negeri demi pengobatan yang lebih, namun komunikasi dan koordinasi dengan pihak dokter di RS. Provita kondisi dan keberadaan perawatan terus ada perubahan.

Koordinasi dengan dokter perawatan dirumah (home care) menjadi solusi untuk pemulihan kesehatan Wakil Bupati. Pemerintah daerah dan keluarga komunikasi untuk mendatangkan tenaga medis dari RSUD Serui untuk dilatih sehingga Wakil Bupati kembali ke Serui dapat dirawat pemulihan nya.

Rumah Sakit Provita yang beralamat di jalan Dr.Sam Ratulangi Kota Jayapura, Rabu 10 Agustus, istri Ibu Tina Sueni/Sanadi mengungkapkan syukur keluarga kepada Tuhan atas segala proses pengobatan yang dilalui oleh sang suami.

“Saya mengucap syukur kepada Tuhan karena saya bersama ke empat anak kami masih bersama-sama bapak sampai hari ini, sudah kurang berapa hari lagi sudah empat bulan kami disini, Kami terus meminta dukungan Doa dari seluruh masyarakat Yapen untuk proses penyembuhan bapak Frans Sanadi,” ungkap Ibu Sanadi.

Dia mengaku meskipun sang suami tidak dapat pulih sepenuhnya seperti dahulu kala tetapi Ia meyakini bahwa mujizat Tuhan pasti ada untuk kesembuhan suaminya.

“Saya tidak pernah takut akan maut kapanpun Tuhan akan ambil karena saya yakin Tuhan Yesus itu ada,” ucap Ny Sanadi dengan nada berserah.

Tuturnya dalam kesendirian saat berada di Rumah sakit, dirinya sering meneteskan air mata apabila melihat kondisi sang suami yang tengah berbaring di tempat tidur di ruang ICU, Namun dia berusaha kuat karena sang suami ketika masih sehat kerap mengajarkan untuk selalu mengampuni sesama, Selalu mengandalkan Tuhan dalam hidup dan tidak sibuk dengan urusan orang lain.

Bupati saat berada bersama Wakil Bupati saat hendak Pulang dari Jayapura ke Serui (minggu 28/8/22) – istimewa

Dalam aktivitas pemerintah menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 tahun, selalu doanya menyebut nama Wakil Bupati Frans Sanadi untuk pemulihan kesehatannya.

Masyarakat, Pemerintah, Hamba Tuhan dan semua elemen lainnya kerap terus mendoakan dan sempat melakukan aksi kepedulian sosial untuk membantu meringankan sedikit beban kebutuhan istri Wakil Bupati.

Bupati Tonny Tesar mengantar dan memastikan Sahabatnya sampai ke Pelabuhan Jayapura, selanjutnya menuju Serui (28/8/22) – istimewa

Puji Tuhan terus dipanjatkan, hingga kebutuhan pengobatan Wakil Bupati dapat dilalui hingga hari minggu 28 Agustus, Wakil Bupati boleh dipulangkan ke Serui dengan pengawalan tim medis RSUD Serui dan keluarga.

Terus mendoakan dan berharap mujizat Tuhan melalui pemulihan home care, Wakil Bupati akan sehat seperti harapan semua – Amin (*)

 

Penulis : Mark Imbiri
Tag Sumber Kutipan dan Foto Istimewa; Kabar Papua, Mepago, Metronusantaranews, Lintas Papua dan tag Google lainnya.

error: Konten dilindungi !!!