4 Tahun Berdayakan Pemuda Usaha Mandiri “Cuci Motor Tias” Sekolahkan Sejumlah Anak

SAIRERINEWS.COM – Empat tahun sudah berdirinya usaha mandiri dari pemuda-pemuda Serui dibawah kepemimpinan usaha Tias Maipon, yaitu cucian motor.

Beralamat di jalan gajah mada bawah (dekat telkom/barak maju) pria suku Onate Tias Maipon mendirikan usahanya secara mandiri dan berdayakan anak-anak muda Serui dilingkungan nya yang berniat mencuci motor guna menambah penghasilan.

Waktu terus berlalu, usaha mandiri pencucian motor ini jatuh bangun berusaha hingga empat tahun di tahun 2022 ini.

Cucian Motor Tias – Jl. Gajah Mada Bawah – Serui

Dari tempat seadanya, Tias Maipon dan kawan-kawan mengelola terus menerus hingga tempat motor mereka layak dan mulai banyak pelanggan.

Cucian motor Tias beroperasi mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Tias membagi jam kerja pagi untuk pemuda yang sudah tamat sekolah, sedangkan untuk pemuda/ anak sekolah dapat bekerja setelah pulang sekolah hingga sore hari.

Setiap hari pemuda-pemuda ini bertarung nasib mencari rupiah guna mencukupi kebutuhan mereka tapi juga untuk keperluan sekolah.

“Saya sudah memulai usaha, usaha saya ini untuk anak-anak muda bisa bekerja walau pun kecil, namun inilah kami. Saya dan teman-teman juga mendukung anak-anak yang bersekolah, yang mau kerja silahkan, supaya ada hasil untuk mereka bisa mencukupi sekolah mereka” ucap Tias Maipon (26/8/2022) kepada sairerinews.com

Tias menambahkan, “kami anak Papua bisa usaha, sejak awal ingin meminta bantuan modal kepada pemerintah, tapi itu cara yang pastinya akan sulit bagi kami mendapat bantuan modal, sehingga saya memutuskan untuk usaha dulu, karena jika usaha sudah jalan ya … mungkin pemerintah mau lihat kitong ka, tidak ka juga tidak apa-apa” ucapnya sambil tersenyum.

Kepu Pihahei adalah anak sekolah, ia sehabis pulang sekolah barulah Kepu bergabung dengan Tias untuk pencucian motor dan juga usaha bengkel.

“Saya bersyukur bisa bekerja bersama kaka Tias dan kaka yang lain, saya bisa dapat hasil sedikit untuk mencukupi kebutuhan sekolah saya. Saya berharap kepada kaka, bapa, mama dan saudara dorang yang ada di Serui, silahkan datang ke pencucian kami, karena motor saudara dorang, kitong cuci sudah bisa membantu kitong punya uang sekolah” harapnya.

Salah satu pelanggan setia, Dedei Ayomi juga memuji kreativitas dari Tias dan kawan-kawan. “Saya selalu membawa motor ke tempat cucian motor Tias, karena ade-ade mereka punya kreativitas yang baik. Dari uang yang dibayar, sudah sangat membantu mereka” ucap Dedei.

Tias Maipon dan kawan-kawan juga membuka usaha bengkel dan salur motor yang mau dijual, di jalan gajah mada bawah, distrik Yapen Selatan, Serui (*)

Editor : Mark Imbiri

error: Content is protected !!