Germas Dinkes Yapen Ke Sekolah, Juga Sosialisasi Bahaya Infeksi Menular Seksual

SAIRERINEWS.COM – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Dinas Kesehatan kabupaten Kepulauan Yapen, gelar sosialisasi dan kampanye di tatanan sekolah.

Sosialisasi dalam rangka kampanye GERMAS di tatanan sekolah, mengunjungi SMP Negeri 1 dan SMP PGRI Serui, selasa 23/8/2022.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Di SMP Negeri 1,  narasumber dr. Meike Woran, Sp.KK , juga kepala bidang Kesehatan Masyarakat dan staf Dinkes Sosialisasikan pilar GERMAS.

Dokter Meike Woran juga edukasi dini bahaya infeksi menular seksual (IMS), mengingat kabupaten Yapen perlu gerakan bersama untuk menangani masalah IMS, HIV/AIDS sejak dini kepada siswa-siswi.

Sebagaimana diketahui, data penyebaran penyakit menular seksual cukup rentan dikalangan usia muda/remaja. Data HIV/AIDS dinas Kesehatan Provinsi Papua menyebutkan kasus HIV/AIDS per 30 Juni 2022, kabupaten Kepulauan Yapen sebanyak 1.544 kasus. HIV 877 kasus, AIDS 667 kasus dan kematian 185 orang.

Distrik Yapen Selatan dan Anotaurei terdata cukup prihatian kasus HIV/AIDS nya di kabupaten kepulauan Yapen.

Hal inilah yang disinergikan dalam kegiatan Sosialisasi dalam rangka kampanye GERMAS di tatanan sekolah.

Untuk diketahui, 7 Pilar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) umumnya meliputi.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik
    Aktivitas fisik merupakan segala sesuatu aktivitas yang menggerakkan fisik atau tubuh kita. Masih banyak orang merasa malas untuk melakukan olahraga. Padahal aktivitas fisik merupakan salah satu penyehat tubuh.
  2. Mengkonsumsi Sayur dan Buah
    Mengapa perlu makan sayur dan buah setiap hari? Sayur dan buah merupakan dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Keduanya mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Beberapa vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam sayur dan buah adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, forfor, dan asam folat. Kandungan-kandungan ini tentu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, yang juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit.
  3. Tidak Merokok
    Efek buruk dari merokok adalah meningkatkan resiko kematian karena penyakit jantung, meningkatkan resiko terkena kanker paru, penyumbatan pembuluh darah otak (stroke), kencing manis dan menyebabkan masalah pada ibu hamil.
  4. Tidak Mengkonsumsi Alkohol
    Alkohol memberikan efek negatif bagi kehidupan sosial, merusak tubuh dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Manfaat jika berhenti/tidak mengkonsumsi alkohol : Mengurangi kebiasaan makan berlebih, menurunkan berat badan, membuat tidur lebih nyenyak, menyehatkan kulit dan menurunkan resiko kanker
  5. Memeriksa Kesehatan Secara Rutin
    Bertujuan untuk membandingkan status kesehatan kita sebelumnya, apakah terjadi peningkatan atau penurunan kondisi kesehatan. Manfaat yang didapatkan dari pemeriksaan kesehatan secara rutin adalah untuk mengetahui sedini mungkin kondisi kesehatan kita secara terperinci dan langsung melakukan pengobatan segera. Memeriksakan kesehatan setiap 6 bulan sekali :
    a. Cek tekanan darah
    b. Cek kadar gula darah
    c. Cek kolesterol
    d. Cek darah lengkap
    e. Cek lingkar perut
    f. Deteksi dini kanker leher rahim (untuk perempuan)
  6. Membersihkan Lingkungan
    Manfaat pentingnya menjaga lingkungan bersih dan sehat adalah :
    a. Tertunda dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat seperti demam, diare, disentri, pernyakit pernafasan dll
    b. Lingkungan menjadi lebih sejuk
    c. Bebas dari polusi udara
    d. Air menjadi lebih bersih dan aman diminum
    e. lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari
  7. Menggunakan Jamban
    Jamban merupakan media penularan bakteri dan virus penyabab penyakit. Manfaat jamban/WC sehat adalah :
    a. Menjaga lingkungan bersih, sehat dan tidak berbau
    b. Tidak mencemari sumber air yang ada di sekitarnya
    c. Tidak mengundang lalat/serangga yang dapat menjadi penular penyakit diare, kolera, thypus, cacingan, penyakit kulit dan keracunan
    d. Memutus siklus penyebaran penyakit yang terkait dengan sanitasi/kebersihan

 

Tim Liputan

error: Konten dilindungi !!!