Mergelina Awaki “Menari Isosolo” di Istana Negara HUT RI 77

Jakarta (SAIRERINEWS.COM) – Perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia ke 77 tahun, 17 Agustus 2022 berlangsung penuh makna.

Tampil memukau dalam perayaan HUT RI 77 di Istana Presiden, grup tari dari Tanah Papua. Pertunjukan seni budaya Tari Isosolo yang di Koreografikan oleh Yohanis Theodorus Yepese dan Riko Walubun.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Sejumlah penari Papua yang tampil, Mergelina Awaki menari dengan baik bersama tim penari lainnya.

Sang Ayah, Elon Awaki yang dikenal oleh masyarakat Saireri sebagai seniman penyanyi lagu daerah Papua dan pendiri grup Oyandi, bangga pada penampilan anaknya meneruskan darah seninya bagi Papua.

“Terimakasih Seniman Agung atas Penyertaan dan Pertolongan Mu sehingga anak ku Margelina Awaki bisa Tampil Menari dengan Baik” tulis Elon Awaki di sosial media nya (17/8/2022).

Penata musik Iwan Ohoiwirin, Koreografi Tari Yohanis Theodorus Yepese dan Riko Walubun memukau dengan puluhan penari tampil di Istana Negara Jakarta Pusat.

Tarian Isosolo merupakan seni tradisi orang Sentani, tarian ini dibawakan di atas perahu di Danau Sentani dilakukan dari satu kampung ke kampung lainnya.

Isosolo terdiri dari dua kata yakni kata Iso dan Solo atau Holo. Iso sendiri mengandung arti bersukacita dan menari mengungkapkan perasaan hati.

Sedangkan Holo atau Solo berarti kelompok atau kawanan dari semua kelompok umur, baik itu anak-anak, ibu-ibu atau orang dewasa laki-laki yang menari.

Isololo berartikan kelompok orang yang menari dengan sukacita mengungkapkan perasaan hati.Tarian ini umumnya diikuti oleh kaum laki-laki dan kaum perempuan.

Pewarta : Anwar Wahuyudi
Editor : Mark Imbiri

error: Konten dilindungi !!!