Baru Turun Dock, KM Ciremai Terbakar

Jakarta (SAIRERINEWS.COM),- Kapal Motor (KM) Ciremai milik Pelni mengeluarkan asap hitam yang mengepul di wilayah perairan Teluk Jakarta, Kamis 28 Juli 2022 kemarin. Kejadian ini mengundang reaksi masyarakat Nusantara di sosial media termasuk masyarakat Papua yang juga merasakan pelayanan KM Ciremai.

KM Ciremai baru selesai perbaikan (naik dock), rencana akan berlayar ke semua rute, namun akibat kejadian kebakaran mengharuskan KM Ciremai kembali docking.

Rilis informasi yang dihimpun, penyebab kebakaran hingga saat ini masih dalam proses penyelidikan. Kebakaran itu, tidak ada korban jiwa namun kerusakan terparah terjadi di Ruang Kelas Penumpang Ekonomi.

KM Ciremai seharusnya sudah akan berlayar dengan penumpang rute Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Perak (Surabaya), Makassar, Bau-Bau, Ambon, Sorong, Manokwari, Biak dan Jayapura.

Kepala cabang Pelni Tanjung Priok Nuraini Dessy, dihubungi Nahkoda yang memberikan info bahwa KM Ciremai terbakar dan situasi di kapal sudah gelap karena asap. Kepada wartawan Kacab Pelni Tanjung Priok menginformasikan bagian kapal yang terbakar antara dek 2-3 depan.

Biasanya kapal akan dibawa ke dock kalau ada kejadian, tidak disandarkan ke dermaga. Namun, untuk kasus KM Ciremai belum ada info lanjut. Sampai berita ini diturunkan belum diketahui berapa kerugian dan korban jiwa dalam kebakaran KM Cermai yang diketahui tidak sedang membawa penumpang, (Jumad, 22/7/2022).

Sumber dari TNI AL, sebelum detik-detik terbakarnya KM Ciremai langsung direspons TNI Angkatan Laut (TNI AL). Informasi terbakarnya KM Ciremai itu diketahui dari panggilan darurat Radio Komunikasi ke VTS Tanjung Priok. Dengan bergerak cepat melaksanakan penanggulangan kebakaran KM Ceremai yang baru saja turun dock dari pintu masuk Pelabuhan Jakarta.(*)

 

Liputan & Editor : Anwar Wahyudi

error: Content is protected !!