SAH ! WONDAMA TUAN RUMAH SIDANG SINODE GKI XIX 2027

Pdt. Hiskia Rollo wakil ketua BP AM Sinode GKI

Waropen,- Sidang Sinode Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua yang ke XVIII berlangsung di kabupaten Waropen, 18 sampai 24 Juli 2022, tadi malam telah memutuskan kabupaten Teluk Wondama menjadi tuan dan nyonya rumah 5 (lima) tahun mendatang untuk menggelar Sidang Sinode.

Keputusan Badan Pekerja (BP) Am Sinode Sidang Sinode memutuskan perhelatan Sidang Sinode ke-XIX akan berlangsung di Kabupaten Teluk Wondama Papua Barat pada tahun 2027 mendatang. Hal itu diputuskan langsung pada Sidang Sinode Ke-XVIII, yang berlangsung di Gereja Betania, Waren, Kabupaten Waropen, Kamis, (21/7/2022).

“Dalam perjalanan itu ada dua klasis yang ajukan yaitu Klasis Wondama dan Klasis GKI Mimika. Tapi tadi juga kita mendengar masukan dan pandangan dari semua peserta termasuk juga dari Klasis GKI Mimika yang juga telah menyatakan kesediaan menjadi tuan dan nyonya rumah pada sidang sinode ke XIX tahun 2027. Sehingga keputusan bulat pada hari ini telah disepakati bahwa Wondama pusat peradaban orang Papua karena pada tanggal 25 Oktober 1925 Izak Zamuel Kijne meletakan peradaban orang Papua di Wondama,” terang Pdt. Hiskia Rollo wakil ketua BP AM Sinode GKI saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan, tadi malam.

Lanjut Pdt Hiskia Rollo, karena itu mengikuti tapak-tapak kaki dari sejarah tempo dulu maka semua telah bersepakat, Wondama pernah mengajukan menjadi tuan dan nyonya rumah pada sidang sinode Ke-XVI di Sentani untuk mendapat suara tapi kalah dalam voting, sehingga Klasis GKI Raja Ampat yang menjadi tuan rumah Sidang Sinode Ke-XVII.
Setelah di Sidang Sinode ke-XVII di Raja Ampat melalui voting juga Wondama tidak dapat dan yang dapat untuk laksanakan sidang sinode Ke-XVIII Kabupaten Waropen, maka ini kali yang ketiga dan juga dirasa tidak elok kalau Wondama tidak diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah.

“Karena itu kesepakatan bulat semua telah memberikan hak suara secara penuh bahkan juga Klasis GKI Mimika telah menyatakan dukungan untuk pelaksanaan Sidang Sinode Ke-XIX Tahun 2027 digelar di Klasis GKI Teluk Wondama,” jelasnya.

Selain dari keputusan tuan rumah sidang sinode berikutnya, beberapa agenda yang sudah diputuskan melalui sidang, Rollo mengatakan; keputusan sidang antara lain pengakuan Iman GKI, 15 bakal Klasis sudah disahkan menjadi Klasis penuh, lalu pada keputusan Jemaat-Jemaat kategori dileburkan ke Klasis, ketetapan tentang Rasul Papua, Mansinam Pulau Injil dan itu semua dalam satu kesatuan dan Bandara juga sudah di putuskan pemberian nama dari para Misionaris dan juga dari para pemimpin gereja baik yang datang dari luar negeri bahkan orang Indonesia sendiri.(*)

Pewarta : Iqi Aninam
Editor : Mark Imbiri

error: Content is protected !!