HARUS DI JAGA ! FASILITAS DI TERMINAL PENUMPANG PELABUHAN SERUI

Serui,- Bangunan terminal Pelabuhan Laut Domine Izak Samuel Kijne ini memiliki luas 1242 meter persegi dan dibangun diatas lahan seluas 1.976 meter persegi dengan konstruksi baja.

Fasilitas yang tersedian di terminal ini memiliki, antara lain ;
– Memiliki kapasitas 250 tempat duduk,
– Mememiliki ruang cek in,
– Memiliki loker,
– Ruang informasi,
– Ruang karantina,
– Ruang difabel,
– Mushola dan
– Toilet

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Secara umum cukup memadai dan diharapkan memberikan kenyamanan kepada calon penumpang kapal laut. Terminal ini sebagai icon pembangunan bagi kabupaten kepulauan Yapen, papar Kepala Pelabuhan Domine Izak Samuel Kijne, Fathoni, saat memberikan sambutan peresmian terminal pelabuhan siang tadi, sabtu 16 Juli 2022.

Kepala Pelabuhan Domine Izak Samuel Kijne, Fathoni (foto HUMAS PEMDA YAPEN)

Kepala Pelabuhan Domine Izak Samuel Kijne, Fathoni juga menyampaikan bahwa sejak tahun 2020 pembangunan terminal hendak dikerjakan namun karena situasi pandemi Covid-19, akhirnya dialihkan ke tahun 2021.

“Pembangunan terminal adalah bagian dari penyelenggaraan pelabuhan laut. Kantor unit, bangun terminal ini adalah bagian program kegiatan melalui tahapan panjang yang dimulai dari kebakaran terminal lama sejak 2014 silam. Terminal dibangun saat ini sejak 2020 telah di kucurkan namun karena pandemi maka dilakukan refokus di pusat dan mengalami penundaan dan baru dikucurkan di 2021, tapi nilai tidak mencukupi untuk pembangunan terminal, lalu dilakukan pembangunan iniĀ  dengan skema tahun jamak”, ujarnya.

Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar,S.Sos secara resmi melakukan pengguntingan pita, sebagai tanda peresmian Operasional Terminal Penumpang Pelabuhan Laut Domine Izak Samuel Kijne Serui dilanjutkan Pelepasan Peserta sidang GKI Ke 18. Penetapan nama Pelabuhan Laut Serui ini ditetapkan dalam Surat Keputusan Bupati Nomor 283, tahun 2022 tentang penetapan nama Domine Izak Samuel Kijne sebagai nama pelabuhan Laut Serui.

Bupati Kb.Yapen TONNY TESAR,S.Sos saat meresmikan Terminal Pelabuhan Domine Izak Samuel Kijne -Serui

Bupati berharap agar terminal ini bisa dijaga dan dirawat, dengan terminal ini, masyarakat Yapen dapat mengenang Domine Izak Samuel Kijne sebagai tokoh Gereja. Usia melakukan peresmian operasional Terminal Penumpang Pelabuhan Laut Domine Izak Samuel Kijne, Bupati Tonny Tesar juga melepas kontingen Yapen peserta Sidang Sinode GKI Ke 18 menuju ke Waropen.* (I.A)

 

RRS : HUMAS PEMDA YAPEN

error: Konten dilindungi !!!