TERBARU ! INI SEKDA KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

Serui, – Setelah melewati tahapan seleksi Sekretaris Daerah kabupaten Kepulauan Yapen, akhirnya hari ini Jumat, 15 Juli 2022, pemerintahan kabupaten Kepulauan Yapen menghasilkan Sekda definitif.

Lima pejabat yang bersaing menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Definitif Kabupaten Kepulauan Yapen antara lain :

  1. Rony Theo Ayorbaba, AP, M.Si. selaku Kepala Bappeda Yapen.
  2. Sonny Arnold Woria, S.Pd, MT Selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kepulauan Yapen.
  3. Erny Renny Tania, S.I.P Selaku Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda.
  4. Alfred Julsianto Worabai, S.Pt, MP selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Yapen
  5. Drs. Zakarias Sanuari, MM Selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Telah mengikuti tahapan seleksi, diantaranya tahapan administrasi, psikotes, penulisan makalah, wawancara dan rekam jejak.

Berdasarkan hasil seleksi tahapan dan rekomendasi KASN dan rekomendasi dari Gubernur Papua, ditetapkanlah Erny Renny Tania, S.I.P sebagai sekretaris Daerah kabupaten Kepulauan Yapen dan ditetapkan hari ini 15 Juli 2022, di Gedung Silas Papare Serui dalam prosesi Pelantikan dan Sumpah Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.SosĀ  mengucapkan selamat bertugas kepada sekda yang baru dilantik sebagai sekda definitif berdasarkan rekomendasi dari KASN dan Rekomendasi dari Gubernur Papua. Pelantikan ini telah melalui prosedur dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku yang mana telah diikutkan Uji Kompetensi dan mendapatkan rekomendasi dari KASN.

Maka semua ketentuan peraturan telah dilaksanakan ujarnya. Pelantikan ini perlu dilakukan karena jabatan sekda masih dijalankan oleh Plt Sekda selama 3 bulan dan telah berakhir maka perlu segera mengesahkan dan melantik pejabat defenitif.

Dijelaskan Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar bahwa Sekretaris Daerah memiliki peran dalam membantu kepala daerah dan juga untuk membina hubungan kerja antar lembaga sebagai motor penggerak pemerintahan.

Dirinya meminta agar semua dapat menyikapi pelantikan ini dengan arif dan bijaksana. Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh pejabat Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen antara lain;

  1. Harus mengutamakan disiplin tinggi, kejujuran, hindari perbuat KKN dan harus memberi prinsip bekerja cepat, tepat akurat namun taat aturan. Perencanaan yang baik, pelaksanaan yang baik akan melahirkan hasil yang baik. Laksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Jika ada penyimpanan segera ditindaklanjuti, hindari perbuat yang bisa menimbulkan kerugian negara atau pemanfaatan jabatan untuk keuntungan sendiri maupun kelompok.
  2. Bangun hubungan kerja yang baik dalam rangka pengembangan kebijakan pembangunan daerah.
  3. Laksanakan penyusunan anggaran berbasis kinerja yang transparan dan akuntabel dengan menggunakan sistem keuangan yang jelas dan berlaku.Dirinya ingatkan bahwa jabatan adalah amanah yang wajib dilaksanakan sebaik-baiknya dan harus dipertanggungjawabkan.

Dirinya ingatkan bahwa jabatan adalah amanah yang wajib dilaksanakan sebaik-baiknya dan harus dipertanggungjawabkan. Bupati Tonny Tesar juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pejabat sekretaris daerah yang lama, Ir. Alexander Nussy yang dalam 8 tahun telah menjabat dengan sebaik baiknya.*

(Iqi Aninam)

error: Content is protected !!